SISWA SMP TENGGELAM DI SUNGAI KAMPAR


PEKANBARU --- Pada Minggu (02/11) pukul 17.00 WIB Masyarakat Desa Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar di hebohkan dengan seorang bocah tenggelam di Sungai Kampar. Korban atas nama M. Alfa Rizki umur 12 Tahun, yang diketahui masih duduk di sekolah menengah pertama ini tenggelam saat sedang bermain berenang bersama kedua temannya ditepian sungai tersebut, tapi naas bagi Rizki terbawa arus sungai, kedua temannya sempat menolong korban tapi dengan derasnya arus sungai kedua temannya tidak berdaya.

Nasir Kepala bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Kampar pada pukul 20.00 WIB memberikan laporan adanya musibah orang tenggelam ke Kantor SAR Pekanbaru, infor masi yang diterima oleh Kepala Sub Seksi Operasi Kantor SAR Pekanbaru Abdul Malik. S.Sos. Kasubsie segera mengambil tindakan awal untuk mengumpulkan seluruh rescuer yang sedang bertugas (Piket)  pada saat itu, untuk melakukan arahan dan persiapan.

Tim SAR dengan membawa peralatan lengkap diantaranya truk personil, perahu karet, mopel 25 PK, peralatan komunikasi dan navigasi, medis serta dukumentasi bergerak pada pukul 20.25 WIB menuju lokasi musibah.

Pada pukul 22.00 Wib tim SAR sampai dilokasi kejadian musibah Pada titik koordinat 00 20 21.3 N - 101 00 16.3 E dan melakukan koordinasi dengan aparat setempat diantaranya BPBD Kampar, Polsek Bangkinang dan masyarakat untuk melakukakan survey dimana lokasi kejadian musibah. Dikarenakan tidak memungkinkan melakukan pencarian pada malam hari, akhirnya tim SAR memutuskan  melakukan perencanaan operasi SAR untuk  pencarian pada besok pagi pada Senin (03/11) pada pukul 06.00 Wib.

Hari ini pencarian dimulai dengan menyisir dengan menggunakan perahu karet bermotor temple dimulai dari lokasi korban tenggelam sampai sejauh 500 meter kearah hilir. Kondisi cuaca saat dilakukan penyisiran cukup cerah sehingga membantu tim SAR dalam melakukan pencarian. Tim SAR juga melakukan penyelaman di sekitar lokasi korban tenggelam selama kurang lebih dua jam.

Namun upaya pencarian yang dilakukan tim SAR sampai dengan pukul 18.00 WIB belum berhasil menemukan korban. Atas hal tersebut, diputuskan akan melanjutkan kembali pencarian terhadap M. Alfa Rizki pada Selasa (4/11) pukul 06.00 WIB.

Hari ketiga (04/11) upaya Pencarian korban terus dilakukan, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Rescuer Kansar Pekanbaru dan BPBD kab Kampar serta masyarakat setempat, sejauh  kurang lebih delapan kilometer kearah hilir.

Pada pukul 10.10 Wib korban di temukan oleh Tim SAR gabungan pada titik koordinat 00 22 15.7N – 101 03 49.2E, korban di evakuasi dan di bawa kepuskesmas bangkinang, dan operasi dinyatakan ditutup.(koeh)  



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
4 November 9:00 WIB