PENCARIAN PESAWAT LATIH PK-05 DI PERBUKITAN AEK MARTUA


Rokan Hulu,-Setiap adanya operasi musibah Penerbangan, pelayaran dan Musibah Lainya badan SAR nasional terus berkoordinasi dengan instansi lain,  Kantor SAR Pekanbaru yang terletak di Propinsi Riau tepatnya di pekanbaru dengan luas wilayah yang mencakup 13(tiga belas) Kabupaten yang masing masing dengan Countur wilayah yang berbeda beda, untuk itu kanor SAR Pekanbaru tidak bisa bekerja sendiri tentunya, dengan adanya koordinasi dan kerjasama dengan instansi instansi yang berpotensi SAR. Seperti BPBD, TNI, Polri, Mapala dan LSM yang ada di daerah provinsi Riau.

Kantor SAR Pekanbaru diberita sebelumnya (18/12) Pukul 10.00Wib mengadakan Pembukaan latihan SAR Daerah di desa Tangun Kecamatan bangun Purba kabupaten Rokan Hulu,Riau, bertindak sebagai inspektur upacara Kepala kantor SAR pekanbaru Slamet Riyadi.SH, dan Kepala Sub Seksi Operasi SAR Abdul malik Selaku Ketua panitia. Setelah selesai Upacara pembukaan para peserta yang terdiri dari BPBD, Paskhas 462 pekanbaru, Korem 131 Pekanbaru, Koramil Rambah Samo, Polres rokan Hulu, Polsek rambah samo serta dari mahasiswa kedokteran Universitas Riau, para Peserta disuguhi materi Materi berupa pengenalan organisasi SAR, Navigasi Darat, teknik Evakuasi, teknik pembuatan tandu darurat, MFR (Medical First Responder), tali temali/Simpul, dan Ploting yang nantinya akan di gunakan untuk pencarian korban di hari kedua dan ketiga dipraktek lapangan.

Adapun skenario dari latihan tersebut adalah Kantor SAR Pekanbaru mendapat  informasi dari ATC Bandara SSK II pekanbaru bahwa Pesawat Latih PK-05 dengan tujuan PKU-Medan PD TWB 19.00 1812 G lost Contact dengan ATC  untuk signal terdeteksi di titik koordinat 00 51 04,9 N – 100 09 29,3 E . sementara korban atas nama Steve sebagai Pilot selamat sedangkan Manuel sebagai Copilot belum diketahui Keberadaannya. Pada Hari kamis(19/12) pukul 07.30Wib kepala kantor SAR Pekanbaru dan kepala Sub Seksi Operasi melakukan Briefing dengan Para rescuer dan berkoordinasi Dengan Instansi dan Potensi SAR dan di bentuk nya SMC (SAR Mision Koordinator) , On Scene Comander Serta SRU Darat untuk segera melakukan Pencarian ke titik koordinat yang telah ditentukan.. Untuk latihan ini para peserta dibagi menjadi 3 (tiga) SRU yang nantinya masing masing  SRU bergerak dengan arah titik koordinat yang berbeda.

Pada pukul 10.30Wib masing masing SRU tiba dilokasi Posko yang di tentukan oleh pihak panitia yaitu di daerah perbukitan air terjun aek matuo, masing masing SRU mendapat arahan dari para instruktur untuk segera melakukan pola pencarian yang telah diajarkan sebelumnya. Dengan medan area yang ekstrim dan beberapa peserta mengalami kendala untuk menjangkau lokasi, walaupun demikian para peserta sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan ini.

Hari ketiga (20/12) Pada Pukul 10.00wib Korban atas nama Manuel, Copilot Pesawat Latih PK-05 berhasil ditemukan tidak jauh dari jatuhnya Pesawat, diatas bukit dengan kemiringan 80 derajat, korban di evakuasi dan di bawa ke Posko komunikasi untuk tindakan lebih lanjut. Dengan ditemukan korban, maka kegiatan pelatihan ditutup dan dilakukan upacara penutupan di depan Halaman kantor Camat bangun purba, sekaligus kegiatan ditutup oleh Kepala Kantor SAR Pekanbaru Slamet Riyadi SH dan dihadiri  oleh seluruh instansi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Koeh)



Kategori Kecelakaan Penerbangan .
Pengunggah : author