PELATIHAN POTENSI KANTOR SAR PEKANBARU


PEKANBARU - Selasa (23/09) Pelatihan Potensi SAR, Pertolongan di Perairan (Water Rescue) digelar di Kantor SAR Pekanbaru, di buka Oleh Direktur Operasi dan Latihan (Diropslat) , Marsekal Pertama TNI Suryadi B. Supriyadi, Upacara Pembukaan dimulai Pukul 09.00 WIB. Kegiatan dihadiri oleh seluruh instansi di wilayah kerja Kantor SAR Pekanbaru diantaranya dari BPBD, TNI AU, TNI AD, KAPOLDA RIAU, BMKG, Angkasa Pura II, serta dari peserta Pelatihan Potensi yang di undang.

Dalam sambutanya Diropslat mengatakan Pelatihan ini sangat berguna sekali, baik bagi Basarnas sendiri maupun bagi potensi potensi yang ada diwilayah kerja kantor SAR Pekanbaru, supaya Respons Time dalam penanganan musibah dapat dikendalikan, dengan adanya Potensi disetiap wilayah maka penanganan musibah dapat ditangani dengan cepat. dan kantor SAR Pekanbaru dapat secepatnya berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu potensi dimana musibah itu terjadi terangnya. Sesuai dengan tema Pelatihan Potensi SAR Kali ini Melalui Pelatihan Potensi SAR Kita Tingkatkan Pelayanan SAR Terhadap Masyarakat Guna Mendukung Penyelenggaraan Operasi SAR Yang Cepat, Tepat, Handal Dan Aman Di Wilayah Kerja Kantor SAR Pekanbaru, yang dilaksanakan mulai tanggal 23 s.d 26 September 2014 bertempat di Kantor SAR Pekanbaru, yang di ikuti sebanyak 40 peserta.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik serta mental dan kerja sama untuk koordinasi dalam rangka penanganan musibah, baik itu penerbangan, pelayaran dan musibah lainnya . Semua stakeholder yang terkait dengan penanganan bencana dan musibah lainnya bersama kita latih untuk saling bahu membahu jelas Kepala Sub bidang Potensi Asnedi,S.Sos.M.si selaku ketua Panitia Pelatihan.

Instruktur Pelatihan dari Kantor SAR Pekanbaru, materi dan perbekalan yang diberikan kepada peserta diantaranya tentang Pengantar first Aid, Pemindahan dan Penilaian Korban, Kedaruratan Lingkungan, Pengantar dan Pedoman Pertolongan di Air, Personal Flotation Device (PFD), Teknik Defend Release, Pratical Station MPR, dan Penggunaan Perahu karet, materi kelas dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 23 sampai dengan tanggal 25 September 2014. Sedangkan untuk tanggal 26 September 2014 akan dilaksanakan aplikasi lapangan yang bertempat di Danau buatan Rumbai Pekanbaru. (humaspku)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
23 September 0:00 WIB