PELATIHAN PERTOLONGAN DI AIR BAGI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI SIAK DAN KAMPAR


Pekanbaru,--(21/10/17) Kantor SAR Pekanbaru selaku Pelaksana Tekhnis Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan Nasional (Basarnas). Terus berupaya melakukan pembinaan Potensi SAR yang ada di wilayah kerja Kantor SAR Pekanbaru, terutama pembinaan di Daerah rawan bencana seperti di daerah Bantaran Sungai, yaitu sungai Siak dan Sungai Kampar.

index3 (1).jpg

Pelatihan Pertolongan di Air bagi Potensi di Bantaran sungai ini di Buka oleh Kepala Kantor SAR Pekanbaru Abdul Hamid.SH sekaligus menyematkan tanda Pelatihan kepada Peserta perwakilan, dalam sambutannya Kakansar mengatakan “Pelatihan ini merupakan Upaya Kantor SAR Pekanbaru kepada Komunitas-komunitas yang ada di bantaran sungai siak dan Kampar sebagai perpanjangan tangan Kantor SAR untuk Respon Time, tentunya pelatihan ini berguna bagi diri sendiri dan juga dapat membantu orang lain. Apabila ada suatu musibah di sungai tentunya bapak bapak sekalian yang pertama melakukan bantuan dan selanjutnya menelpon ke kantor SAR Pekanbaru. Jadi untuk meminimalisir korban, jadi disinilah nantinya akan terbentuk Unit SAR yang mempunyai keahlian di Bidang SAR’ terangnya.

index1 (1).jpg

Adapun Kegiatan Pelatihan pertolongan Air ini dilaksanakan di Danau Buatan, dihadiri oleh perwakilan komunitas di seluruh bantaran sungai siak dan Kampar diantaranya Komunitas Nelayan Sungai Siak berjumlah 13 orang, Komunitas Pemancing Erfishing Sungai Siak berjumlah 5 orang, Komunitas Pemancing teminggalan Sungai Siak berjumlah 5 orang, Komunitas Nelayan Sungai kampar berjumlah 14 orang, komunitas Penambang Pasir Sungai Kampar berjumlah 4 orang dan Komunitas Relawan Buluh China berjumlah 10 orang. dengan jumlah keseluruhan 33 orang.

Hari Pertama Pelatihan ini di isi dengan pengenalan Manajemen SAR dengan Nara Sumber Kepala Sub Seksie Operasi SAR Kansar Pekanbaru Jacky Chan.SH, selanjutnya Materi Pertolongan di Air yaitu Pengantar Materi Pertolongan di Air Oleh Instruktur Yusuf, Metode Pertolongan di Air Oleh instruktur Hendro, Tekhnik Menghindar dan Melepaskan oleh Instruktur Hendro, dan terakhir Materi Pengenalan Benda Apung instruktur oleh Delsem Fatibelpuga.

index (1).jpg

Kepala Subseksi Potensi Kansar Pekanbaru Selaku penyelenggara Kegiatan mengatakan “Bahwa tujuan Pelatihan ini di buat adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Masyarakat bantaran sungai tentang pertolongan di air”. terangnya

Kantor SAR Pekanbaru selaku Instansi yang bergerak dalam bidang Pencarian dan Pertolongan tentunya tidak bisa mengcover luas wilayah kerja Kantor SAR Pekanbaru, dengan jumlah pegawai yang minim tentunya, sehingga dengan adanya Potensi SAR kita bisa memaksimalkan kinerja, dan akan mempercepat Respon Time”. tambahnya

Hari Pertama di isi dengan Materi dan rencananya besok, Minggu (22/10/17) akan di laksanakan Praktek Lapangan simulasi Pertolongan di Air.(Humas/Koeh)



Kategori General Artikel , Pelatihan .
Pengunggah : dimas
21 October 8:10 WIB