PELATIHAN HART BAGI POTENSI SAR


PEKANBARU --- Senin (13 April 2015) Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR  Brigjen Marinir Suprayogi membuka Pelatihan High Angle Rescue Tehnique (HART) untuk Potensi SAR di Pekanbaru. Acara ini diselenggarakan selama lima hari dimulai dari 13 sampai  17 April 2015.

Bertempat di Kantor SAR Pekanbaru, kegiatan ini diikuti olehTNI, POLRI, Instansi pPmerintahan, Mahasiswa, Karang Taruna dan Pramuka dengan jumlah peserta 50. Pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh  Asisten I Gubernur, Danrem 132 Wirabima, Danlanud, Danyon Arhanudse -13, Yonko 462 Pakhas, Polda, Brimob, dan BPPD Kabupaten, GM Angkasa Pura, GM RAPP dan Kepala BMKG.

Dalam sambutannya Suprayogi menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamak pola pikir dan pola tindak antara Basrnas khususnya Kantor SAR Pekanbaru dengan Potensi SAR. Dengan adanya kegiatn ini diharapkan Insan SAR yang ada di Pekanbaru mampu meminimalisir response time dan mampu menyelamatkan korban saat terjadi musibah khususnya pada medan ketinggian.

Materi Pelatihan terdiri dari Subtansi Basarnas, First Aid, Pendarahan dan Shock, Pengenalan Peralatan HART, Lifting dan Lowering System serta manajemen tandu rappelling. Pelaksanaan teori dilakukan di Kantor SAR Pekanbaru, sementara aplikasi lapangan dilaksanakan di Desa merangin Rautau berangin Kab. Kampar dengan isntruktur yang berasal dar Kantor SAR. ( Humas)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
13 April 0:00 WIB