PARA RESCUER KANTOR SAR PEKANBARU UJI KOMPETENSI


Pekanbaru,--Badan SAR Nasional sebagai institusi pemerintah yang bertanggungjawab dibidang Pencarian dan Pertolongan dituntut untuk memiliki sumber daya manusia yang handal. Untuk itu Badan SAR Nasional mengadakan uji kompetensi yang dilakukan di 34 Kantor SAR guna mengetahui kemampuan dari setiap rescuer.

Kantor SAR Pekanbaru yang merupakan Unit Pelaksana Tugas dari  Badan SAR Nasional, melaksanaan uji kompetensi selama 4 hari, dimulai dari tanggal 09 dan berakhir 11 April 2015 yang diuji langsung oleh tim penilai dari kantor pusat Basarnas, dengan jumlah rescuer yang diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi sebanyak 44 orang. 

Ujian yang akan ditempuh oleh rescuer meliputi ujian pengetahuan (test tertulis) dan individual skills (test praktek yang meliputi: pengetahuan navigasi darat, medis dasar atau MFR, cara melakukan RJP atau CPR, pemasangan nickolar, pembidaian, dan teknik penarikan baju untuk mengevakuasi korban, serta cara membuat system accending maupun decending, mengaplikasikan alat extrikasi seperti hydraulic combi tool, dan air lifting pad. Sedangkan untuk uji kesamaptaan antara lain, lari, resstock, push up, sit up, shutle run, renang, water trapen atau bertahan dalam air dan praktek penyelamatan korban dengan teknik towing).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Sukarta, S.E. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kepada para rescuer agar mengikuti uji kompetensi dengan sungguh-sungguh dan tetap menjaga kesehatan supaya dapat mengikuti semua tahapan ujian. Beliau juga berharap agar seluruh rescuer Kantor SAR Pekanbaru berhasil menempuh ujian kompetensi ini.  (Humas)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
9 April 0:00 WIB