KANTOR SAR PEKANBARU TURUT SERTA RIAU EXPO 2015


PEKANBARU: Pergelaran event tahunan Riau Expo 2015, dalam menyambut sempena HUT Ke - 58 Provinsi Riau yang di selenggarakan pada 26 Oktober hingga 1 November , Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau ArsyadJuliandi Rachman meresmikan perhelatan terbesar di Provinsi Riau, Riau Expo 2015 yang berlangsung di Grand Ballroom SKA Co Ex Pekanbaru, Senin (26/10).

"Melalui Riau Expo 2015 ini tujuan Pemerintah untuk mempromosikan dan menginformasikan potensi dan peluang investasi produk dan jasa, serta produk dan jasa kreatif unggulan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Riau, Kabupaten/Kota, serta kalangan dunia usaha, termasuk UMKM dan Koperasi kepada kalangan investor potensial dari dalam dan luar negeri Hal ini telah kita buktikan melalui pameran terbesar di Asia China ASEAN Expo 2015 bulan September lalu. Delegasi dari Indonesia yang diwakili oleh Tim Delegasi Provinsi Riau berhasil meraih “The Best Performance”, dengan memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Bumi Melayu ini untuk menarik investor luar masuk ke Provinsi Riau." imbuh Plt Gubernur Riau saat memberikan pidato pembukaan.

Dalam penyampaiannya Plt Gubernur Riau juga mengharapkan dengan event ini Pemerintah dapat mendorong untuk meningkatkan investasi dan juga meningkatan kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud. Perhelatan akbar yang ditaja oleh Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Provinsi Riau ini akan berlangsung selama satu minggu yang dimulai 26 Oktober 2015 hingga 1 November 2015 mendatang, dan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB setiap harinya. Banyak stand menarik yang ada di Riau Expo 2015 ini, seluruh kabupaten kota menampilkan dan memamerkan hasil sumber daya dan potensi daerahnya masing-masing.

Riau Expo sendiri merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam menyambut sempena HUT Ke-58 Provinsi Riau. Ajang ini biasanya dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dari 12 Kabupaten/Kota di Riau untuk memamerkan produk unggulan tiap daerah. Selain itu, biasanya juga ada stand dari Provinsi tetangga.

Riau Expo ini juga dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengenalkan baik itu profile company maupun beberapa produk usaha mereka. Total lebih kurang 168 booth yang ada dalam pameran ini.

Adapun instansi atau perusahaan yang mengikuti pameran kali ini antara lain, ada dari TNI, POLRI, BASARNAS, Chevron, SKK Migas, RAPP, Indah Kiat, lembaga perbankan, rumah sakit, BUMN, properti, perusahaan alat kesehatan, perusahaan kecantikan, perhiasan, souvenir, barang kerajinan, perusahaan televisi berlangganan, dan lain-lain.

Sejumlah acara telah disiapkan oleh penyelenggara, antara lain ada tari Zapin, Joget Kampong, persembahan lagu Melayu, penampilan band akustik, berbagai lomba, seminar, serta akan dimeriahkan oleh artis Iyeth Bustami.

Kantor SAR Pekanbaru selaku Instansi Pemerintah yang berada di Provinsi Riau Turut Memeriahkan Riau Expo 2015 yang di taja Oleh Pemprov Riau ini, Kantor SAR Pekanbaru sendiri memilih Stand berada di Luar Aula tepatnya di Pintu Masuk.Mulai anak-anak hingga orang dewasa terlihat begitu menikmati, bahkan foto bersama di dalam stand. Mereka asyik melihat dan mencermati mannequin yang mengenakan peralatan  lengkap,  searhcam, life detector, radio portable, alat ekstrikasi,  hingga menyaksikan video profil Kantor SAR Pekanbaru . Mereka juga bertanya banyak hal tentang Basarnas. Apa itu Basarnas, bagaimana tugasnya, struktur organisasinya, siapa Kepala Basarnas, apa beda Basarnas dengan BNPB maupun BPBD, hingga bertanya tentang kapan rekruitmen Basarnas beserta syarat-syaratnya. Tidak hanya itu, sejumlah media juga mendatangi stand Kantor SAR Pekanbaru.

Kepala Sub Seksi Potensi SAR Asnedi.S.Sos,.M.Si selaku Ketua Panitia Pameran untuk Kantor SAR Pekanbaru mengatakan " kita memilih Stand yang berada di luar Aula Karena Tempatnya Sangat Strategis dan pengunjung dapat melihat langsung saat hendak memasuki gedung Co EX ini karena tepatnya berada pada pintu masuk, Alhamdulillah Stand Kantor SAR Pekanbaru banyak di kunjungi oleh masyarakat Riau khususnya para pelajar dan mahasiswa yang sangat antusias", Terangnya.

Tujuan pameran ini selain ikut serta dalam memeriahkan hari ulang tahun Kota Pekanbaru yang ke 58, kami ingin mensosialisasikan pelayanan SAR oleh  Basarnas Kantor SAR Pekanbaru kepada masyarakat khususnya pengunjung di Riau Expo  ini,” ungkap Asnedi.S.Sos,.M.Si. pengunjung bernama Ahmad Ansori salah satu pelajar SAKA Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin menanyakan Apa sebenarnya Tugas Basarnas ini, langsung dijawab oleh juru penerang dengan gamblang, Peralatan Larkin Rescue Frame, dan Life Locator di pajangkan dan para pengunjung juga memeragakan peralatan Komunikasi seperti ManPack, serta bagaimana cara menggunakan Search Came, Chamber dan lain sebagainya.

Buku SAR Goes to School mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di bagikan, Selain memantik kesadaran masyarakat, buku ini juga memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak usia dini sehingga akan meminimalisir korban jika musibah, kecelakaan atau bencana itu benar-benar terjadi,  serta makanan SAR berupa Roti, Fruit  dan lain lain juga di bagikan. setiap harinya stand di jaga oleh 3 (tiga) orang petugas dari Rescuer dan satu orang Humas .(koeh)  



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
27 October 0:00 WIB