KANTOR SAR PEKANBARU GELAR RAKOR


Pekanbaru,-- Mengantisipasi kemungkinan bencana, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Pekanbaru menggelar rapat kordinasi (Rakor) SAR Daerah Provinsi Riau 2014 Selasa (30/09) di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

‘’Rakor ini bertujuan untuk konsolidasi dan koordinasi dalam rangka penanganan musibah, baik itu penerbangan, pelayaran dan musibah lainnya . Semua stakeholder yang terkait dengan penanganan bencana kita undang’’ jelas Kepala Kantor SAR Pekanbaru Sukarta.SE. ‘’Rakor ini cukup penting agar semua stake holder sama-sama saling berkordinasi, mengisi dan menginformasikan serta bahu-membahu menangani musibah di Riau,’’ lanjutnya.   

Rakor yang dibuka secara resmi oleh Deputi bidang operasi SAR Badan SAR Nasional Mayor jenderal Tatang Zainudin pada pukul 09.00wib.dihadiri oleh seluruh instansi diwilayah kerja provinsi Riau diantaranya dari Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh wakil wali kota  Ayat Cahyadi, TNI-Polri, BPBD,Korem 031/wb, Lanud Rusmin Nurjadin Pekanbaru, Lanal Dumai serta instansi lainnya, dalam Rakor tersebut Kantor SAR Pekanbaru juga menggelar Pameran peralatan Basarnas yang dipakai dalam penanggulangan bencana.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyambut baik koordinasi Badan Search And Rescue Nasional (BASARNAS) dengan instansi terkait untuk penyelenggaraan operasi SAR terhadap musibah penerbangan, pelayaran dan musibah lainnya di wilayah provinsi Riau.Hal ini disampaikan Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, dalam sambutannya pada acara Rapat koordinasi badan SAR Nasional dengan instansi terkait. "SAR sebagai badan penanganan musibah pelayaran dan penerbangan serta musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah tentu memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, tentu kami sangat menyambut baik hal ini," ujar Ayat Cahyadi.

Selain itu, Wawako juga menyampaikan kondisi terkait pelayaran dan juga penerbangan di Pekanbaru. "Saat ini alhamdulillah semua sudah berjalan lancar. Baik dari kondisi pelayaran maupun penerbangan sendiri. Walau beberapa hari sebelumnya kabut asap sedikit mengganggu penerbangan kita,tapi saat ini sudah membaik karena hujan yang mengguyur sejak kemarin," jelas Wawako.

Sementara itu, dari Kantor SAR Pekanbaru yang diwakili oleh Deputi Bidang Operasi,  Mayor jenderal  TNI Tatang Zaenudin mengatakan rakor seperti ini sangat perlu diadakan di daerah daerah apabila terjadi suatu musibah, apabila terjadi suatu musibah pertolongan dan penanggulangan bencana dapat dilakukan dengan cepat mengingat  kondisi topografi di Indonesia memang rentan terhadap bencana. "Oleh karena itu, kita dari Badan SAR Nasional  selalu berupaya untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar tercipta kenyamanan dan rasa aman bagi seluruh masyarakat," terangnya.(koeh)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author