KANSAR PEKANBARU TUAN RUMAH DIKLAT SAR TINGKAT DASAR ANGKATAN LVIII TAHUN 2011


Kantor SAR Pekanbaru --- Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR IX Pekanbaru menggelar Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Dasar Searh And Rescue (SAR) Angkatan LVIII Tahun 2011. Kegiatan berlangsung selama 21 hari, mulai tanggal 28 September 2011 sampai dengan 18 Oktober 2011. {READMORE}

Diklat diikuti 107 orang peserta dari 6 (enam) Kantor SAR se-Sumatera ini, masing-masing Kantor SAR (Kansar) Pekanbaru, Kansar Tanjung Pinang, Kansar Medan, Kansar Aceh, Kansar Palembang, dan Kansar Padang.

Peserta akan mengikuti pelatihan di tiga lokasi, yakni Batalyon Infanteri 132 Salo untuk materi teori, simulasi kegawatdaruratan di ketinggian di Desa Rantau Berangin, dan kegawatdaruratan di air berlokasi di Selat Baru Bengkalis.

Semua materi dan simulasi diajarkan langsung kepada peserta dengan  instruktur yang berpengalaman. Salah satu materi yang diajarkan adalah pelatihan penanganan dan pertolongan pertama terhadap korban bencana. Sehingga saat memberikan pertolongan, petugas SAR sudah memiliki keterampilan dan kecakapan yang lebih baik.

Direktur Diklat dan Pemasyarakatan SAR, Brigjen TNI Sumartono, SE dalam sambutan Pembukaan Diklat SAR mengatakan, bahwa diklat SAR dilaksanakan untuk menyamakan  sikap sekaligus memberikan bekal keterampilan dasar SAR.

‘’Pelatihan ini bersifat wajib, untuk diikuti dan dilaksanakan oleh semua pegawai Badan SAR Nasional. Semua pegawai Basarnas wajib memiliki pengetahuan tentang SAR untuk mendukung tugas pokok dan fungsinya,’’ tegas Direktur Diklat.

Dalam upacara pembukaan tampak hadir Kapolres Kampar, Kasdim, Kepala Kantor SAR, dan para Instruktur.(Dudy/ Kansar Pekanbaru)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
29 September 11:29 WIB