BANJIR MELANDA KABUPATEN ROKAN HULU


Pekanbaru,--Hujan lebat yang menguyur kabupaten Rokun Hulu dalam sepekan terakhir ini, mengakibatnya ribuan rumah di 3 kecamatan terendam banjir. Ketinggian air bahkan mencapai 2 meter dan mengancam jalur utama Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Utara.

Tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir menyebabkan meluapnya air sungai Rokan sehingga merendam ribuan rumah warga di 3 kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. 3 kecamatan yang terendam paling parah adalah Kecamatan Rambah, Kecamatan Rambah Hilir dan Kecamatan Kepenuhan.

Salah satu desa yang terparah terendam banjir adalah Desa Babus Alam, Kecamatan Rambah. Bahkan rumah Bupati Rokan Hilir terendam hingga mencapai 2 meter. Selain itu banjir juga telah sampai ke badan jalan sepanjang hampir 1 kilometer sehingga mengancam terputusnya jalur lintas Riau, Sumatera Utara. Sebagian warga korban banjir mulai bersiap-siap untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Data banjir yang dihimpun BPBD Rohul, Minggu (16/11), sejumlah desa yang terendam di 7 kecamatan yakni Kecamatan Tandun  sebanyak 851 KK yang terdiri dari Desa Tandun 750 KK, Desa Koto Tandun 51 KK, Desa Sungai Kuning 50 KK. Di Kecamatan Kabun, banjir hanya merendam Desa Aliantan sebanyak 150 KK. Kemudian Kecamatan Kunto Darussalam sebanyak 339 KK terdiri dari Kelurahan Kota Lama 211 KK, Desa Kota Intan 88 KK, Desa Bukit Intan Makmur 40 KK. Kecamatan Rambah Hilir sebanyak 234 KK, terdiri Desa Rambah 56 KK, Desa Sungai Dua Indah 70 KK, Desa Rambah Hilir Timur 105 KK. Kecamatan Rambah sebanyak 720 KK terdiri Desa Babussalam 400 KK, Desa Pematang Berangan 80 KK, Desa Koto Tinggi 70 KK, Desa Tanjung Belit 5 KK, Kelurahan Pasirpengaraian 165 KK.

Banjir juga merendam Kecamatan Rambah Samo sebanyak 209 KK, yang terdiri Desa Lubuk Napal 153 KK, Desa Teluk Aur 36 KK, Desa Rambah Samo 20 KK. Di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam banjir hanya merendam Desa Sangkir Indah.

Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana ST MM menyampaikan, banjir yang merendam ribuan rumah penduduk di tujuh kecamatan. sejauh ini Kami dari BPBD kabupaten Rohul di bantu Team Rescuer Badan SAR nasional Pekanbaru (Kantor SAR Pekanbaru) terus berupaya mengevakuasi warga dan memberikan bantuan berupa logistik, dan makanan, terangnya.

Kantor SAR Pekanbaru dengan delapan personil diberangkatkan hari minggu (16/11) untuk membantu evakuasi warga, setelah mendapat laporan dari kepala BPBD kab. Rohul Aceng herdiana.ST.MM..terang kepala Sub Seksi Ops kansar pekanbaru Abdul malik,S.Sos.(koeh)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
19 November 0:00 WIB